Sistem Pertanian Organik Tekhnologi Ramah lingkungan

05.54 pertanian organik 2 0 Comments

Sistem Pertanian Organik Tekhnologi Ramah lingkungan

Sistem Pertanian Organik Tekhnologi Ramah lingkungan


Sistem Pertanian Organik Tekhnologi Ramah lingkungan | Kemajuan tekhnologi memaju perkembangan dalam segala bidang, seperti dunia komunikasi, informatika, transportasi dan tidak kalah dalam dunia pertanian pun juga demikian. Kemajuan tekhnologi ini ada yang bersifat membatu dalam dunia pertanian maupun justru merusak dunia pertanian. Sebut saja penemuan pestisida kimia, sebenarnya awal mula penemuannya adalah karena masalah hama dan penyakit yang menyerang berbagai jenis tanaman milik petani, kemudian mulailah di temukan pestisida guna membunuh hama yang menyerang. Semakin maju lagi tekhnologi semakin banyak pula jenis racun pestisida yang di temukan, hal ini membuat hama menjadi berevolusi dan tahan terhadap pestisida. Selain itu pestisida kima juga membuat lingkungan menjadi tercemar dan imbasnya ke dalam manusia yang berada di sekitar, mulailah timbul penyakit penyakit dan virus yang berbahaya bagi kesehatan.

Untuk tekhnologi dalam bidang pertanian organik yang menguntungkan di antaranya adalah dengan adanya alat dan mesin pertanian yang mampu membantu para petani dalam mengolah dan merawat tanaman mereka. Seperti contohnya mulai di temukannya traktor sebagai alat pembajak sawah, alat penyemprot tanaman otomatis, hingga alat pemanen yang membuat pekerjaan petani menjadi lebih efektif. Selaindari di temukannya alat dan mesin pertanian juga telah berkembangnya pertanian organik yang memanfaatkan tekhnologi. Seperti contohnya penggunaan hidroponik secara organik, dahulu orang tidak berfikir untuk menanam tanaman di atas media air (kecuali memang jenis tanaman air). Nah sekarang telah di temukan cara budidaya tanaman dengan media air. Bahkan lebih canggih lagi adalah menam di atas udara atau yang sering di sebut aeroponik. Prinsip dari budidaya ini adalah dengan menggantungkan tanaman di udara lalu memanfaatkan tekhnologi untuk menyemprotkan unsur hara ke akar tanaman tadi.

Semua contoh tersebut adalah memanfaatkan tekhnologi dalam bidang pertanian organik, selain dari itu sekarang sudah banyak pengertian pertanian organik menurut para ahli di bidang pertanian yang mengembangkan bakteri yang mampu menyuburkan tanah, pemanfaatan bakteri tersebut juga merupakan salah satu kemajuan tekhnologi dalam bidang pertanian khususnya pertanian organik. Sekian dulu artikel kami, kita lanjutkan di lain kesempatan, maju terus pertanian Indonesia.

0 komentar: